12 Etika Dalam Bekerja

Sebenernya udah lama pingin nulis ini, tapi beberapa tahun lalu gw masih bocah ingusan, mau nulis kayak gini juga yang ada ditempeleng sama orang, “sok tau lo”.

Berhubung ini sudah hampir  tahun ke-5 gw bekerja, kayaknya udah cukup pantes lah ya gw bikin tulisan macem ni :))

Bayangin lebih dari separuh hari kita lewatin di kantor, kalau kita ga pandai pandai membalance kan kondisi psikis kita.. bukan tidak mungkin segala sikap kita di kantor akan jadi “sikap kita” seutuhnya. 

Jadi kalau di kantor suka marah marah, ya bisa jadi karakternya bakal berubah jadi pemarah seterusnya.. mau pas lagi di rumah atau dimana pun.

Gw nulis ini bukan buat menggurui sih. 80% nya self reminder.. 20% nya curhat. *ups hha  ..

Gw sih cuma pingin sharing kalau sekian tahun gw bekerja… hal hal ini lah yang gw pelajarin

1. Jangan Baper

Ini penting banget! Dulu pas awal masuk gw kaget karena ketemu orang pada galak galak banget. Mentang mentang gw anak baru, gw berasa kayak lagi diospekin sama mereka. Ada cukup banyak senior yang rese. Ditanya ini itu, kalau ga tau terus diomelin. Bikin salah sedikit terus jadi bahan bullyan. Bukan satu atau dua kali yang namanya diconfront dan dipermalukan di email dengan cc orang banyak. Itu seriing.  Awalnya gw bawa masuk ke hati, sampe bikin gw jadi suntuk sendiri. Kalau ga kuat iman dan khawatir di SP rasanya pingin banget mukul orang orang yang sok senior ini. Sampai akhirnya gw melihat  anak baru setelah gw pun diperlakukan sama kayak gitu. Gw jadi mikir dan sadar kalau orang orang tadi tuh emang cuma acting. Bukan marah yang sebenernya. Akhirnya gw pun cuek aja dengerin mereka ngoceh.. semua serba di senyumin.

Solusi gw pun berhasil.. saking seringnya diomelin dan gw tetep cuek..  (malah cenderung senyumin tu orang).. Ga butuh lama sampai akhirnya mereka melunak di depan gw. 
Caranya cuek sama omongan orang gimana? Ya pikir aja mereka bukan siapa siapa kita. Their opinion means nothing. Semua orang bisa bubbling .. tapi kalau orang itu bukan siapa siapa.. ngapain dipikirin 🙂 
.

2. Kerja itu ibadah. Jadi jangan malah nambah dosa.

Kalau orang kerja ikhlas buat menafkahi diri sendiri atau keluarga pastinya akan jadi pahala dong ya.

Tapi kadang dalam keadaan penuh tekanan kita bisa jadi lepas kendali dan emosi. Sometimes alasannya simple: pekerjaan kita keganggu karena tidak becusnya pekerjaan orang lain. Dan itu membuat kita sering emosi.

Akhirnya keluarlah semua kata kata yang menyakitkan, berlaku seenaknya sama bawahan, berlaku tidak sopan sama atasan, kasar sama teman sejawat..

Jadinya niat bekerja kita yang sungguh sungguh dengan output yang sudah benar itu gugur dengan dosa kita karena berlaku tidak menyenangkan sama orang lain.

Terinspirasi dari kutipan seseorang:

Mungkin Allah memaafkan mereka karena kesalahan yang tidak disengaja.. tapi tidak memaafkan kita karena sudah berlaku kasar sama orang lain.

.

3. Atasan bukan dewa. They cannot grant all your wishes.

Sometimes kita selalu berpikir kalau atasan itu harus adil, atasan itu harus mengerti bawahannya, atasan itu harus ini itu..

Sampai sampai lupa kalau itu atasan, bukan Tuhan. 

Atasan juga manusia biasa yang bisa bikin salah. Misalkan anak buahnya ada 50, ga mungkin mampu mikirin tu satu satu perasaannya gimana. Sekalipun sudah berusaha maksimal. 

Bikin keputusan yang adil dan bisa menyenangkan semua bawahannya itu sulit. Sometimes atasan juga terbentrok dengan sistem dan peraturan. Karena yang bikin sistem pengaturan sumber daya manusia juga cuma manusia. Ini bukan Al Quran yang ga ada cacatnya. 

Jadi janganlah sekali kali berharap sama atasan. Berharap lah sama yang mengendalilan hati dan sikap atasan, yang pastinya tidak akan mengecewakan. You know what I mean 🙂

.

4. Jangan merendahkan orang lain.

Nasib orang ketika awal masuk itu berbeda beda.. ada yang dapat atasan enak dan membimbing sehingga ilmunya banyak.. ada juga yang dari awal dilepas kerja sendiri sehingga ilmunya terbatas.

Ada yang punya kesempatan dikirim training.. ada juga yang tidak karena quota di departmentnya sudah tinggal sedikit.

Lantas apakah pantas orang yang “beruntung” itu  berlaku sombong?

Sombong itu ga hanya yang diucapkan dengan kata kata .. justru kebanyakan sombong yang terjadi itu tersirat. Intinya semua pesannya sama: “gw tau lebih banyak daripada lo”. 

Padahal kalau nasibnya berubah dan orang lain punya kesempatan  seperti yang kita punya sebelumnya, bisa jadi kemampuannya melebihi kita.

Jadi hindari kalimat seperti, “Gimana sih, kayak gitu aja ga ngerti”, atau “Jangan dia, dia kan ga ngerti apa apa”.

Bayangin kita diperlakuin gitu sama orang aja udah kesel kan. 

Padahal mungkin Allah memaafkan orang lain karena ketidak tahuannya. Dan tidak memaafkan kita karena sudah berlaku sombong.

.

5. Dont Risk Your Friendship at Work.

Lingkungan kantor menurut gw adalah lingkungan yang sangat sulit mencari teman yang bisa bonding dengan kita.

Dulu pas kuliah kayaknya temen gw banyak banget.. yang bisa bonding sama gw pun cukup banyak padahal cuma empat tahun lamanya. Bahkan baru satu smester aja udah bisa dekat.

Lah ini gw kerja mau lewat empat tahun , temen gw bisa diitung pakai jari.

Profesional itu ga salah.. tapi membangun hubungan dengan teman itu penting. Kalau teman kamu salah dalam pekerjaan jangan malah ikutan menyalahkan .. tapi bersikaplah layaknya teman.. kalau salah ya ingetin di belakang dan dengerin apa keterbatasannya. Mungkin dia bukan tipe orang yang mudah menyampaikan maksudnya di depan orang banyak.

Kalau kita tau tau jatuh sakit di kantor.. siapa juga yang bisa nolongin kita kalau bukan teman kita kan 🙂 

.

6. Semua Pekerjaan itu Penting

Ga akan ada nilai 1000 tanpa nilai 1 di dalamnya. Setiap bagian punya perannya sendiri. Setiap bagian punya bebannya sendiri. Hanya karena kamu gampang stres dengan beban pekerjaan kamu, bukan berarti pekerjaan kamu lebih penting. Hanya karena kamu lebih sering pulang malam, bukan berarti pekerjaan kamu jauh lebih prioritas. 

Jangan nilai pekerjaan orang itu mudah kalau belum terjun sendiri di dalamnya. Terkadang mudah atau sulit itu tergantung seeperti apa orang tersebut mensetting target pekerjaannya. Kalau mau aman ya semua juga jadi mudah.. it depend on how you challange yourself.

.

7. Jangan Seret Orang Lain ke Kehidupan Workaholic Kita

Kalau kita orang yang workaholic.. cukup kita aja yang berlaku seperti itu. Jangan seret seret orang untuk lembur tengah malam. Jangan seret orang untuk lembur sampai weekend.

Kalau bisa dikerjakan weekday kenapa tidak? 

Hanya karena kita ga punya kehidupan lain selain kantor, jangan pikir orang lain juga sama.

Jangan hubungin orang di luar dari jam kerja. Misalkan jam 10 malam atau jam 5 pagi. Kecuali kalau memang udah buat appointment sebelumnya. 

Menunggu beberapa jam sampai working hour kan ga ada salahnya. Kita pun jadi bisa istirahat dan ga melulu mikirin kantor.

.

8. Your Job isn’t Always Main Priority.

Kita punya tanggung jawab di pekerjaan kita, tentu harus kita kerjakan.

Tapi seberapa sering sih kita denger orang lain ngomong “belum dilakuin, ga sempet ngapain ngapain nih  Kerjaan banyak banget” .  Lucunya hal yang dia tunda itu juga tanggung jawab dia yang harus dia kerjakan. Tapi kebanyakan orang mensetting pekerjaan di kantor sebagai priority. 

Memang kalau urgent ya mau diapain lagi.. memang harus dikerjakan.

Tapi kenapa pekerjaan lain terabaikan? Karena we dont even put them on our to-do-list! 

Akhirnya semua pekerjaan selain pekerjaan kantor itu dilakukan kalau ada waktu senggang aja. Bukan di setting khusus waktunya.

Buat deadline untuk pekerjaan di luar kantor. Contohnya kalau kita jadi panitia acara tour atau family gathering. Itu memang bukan tugas utama, tapi mau ga mau harus dikerjakan. Kalau dilakukan pada saat senggang saja, ga ketemu jadwalnya. Akhirnya terbengkalai.. padahal itu juga tanggung jawab kita yang ditunggu semua orang.

Mindset yang harus dibentuk adalah.. kalau ada orang yang bisa melakukan banyak hal di luar pekerjaan kantor , bukan berarti dia ga punya kerjaan. Kerjaan itu selalu ada.. tapi ga semua harus dikerjakan pada saat itu juga. 

Setting schedule untuk tanggung jawab yang lain, untuk liburan, untuk pengembangan diri..  You dont need to make your list full with your working activity.

.


9. Punya Power Bukan Berarti Bisa Seenaknya.

Hanya karena kedudukan kita lebih tinggi bukan berarti kita bisa memperlakukan orang seenak jidat. Mau terhadap bawahan, office boys, vendor, supplier.. dll kita harus bersikap baik.

Terkadang gw sedih kalau ada orang tua yang diomel omelin hanya karena kedudukannya lebih rendah daripada yang ngomelin.

Pun orang itu salah, tapi kan ada banyak cara untuk mengingatkan. Kita ini manusia lho.. bukan robot yang bisanya cuma follow program: ‘Logic 1: saya lebih tinggi. Logic 2: saya bisa memerintah yang lebih rendah’. Kita juga kenal moral.. yang namanya ngomong sama orang lain ya harus sopan, apalagi sama orang tua.

Bayangin deh kalau liat orang tua kita diomelin sama anak seumuran kita. Kira kira mau nonjok ga tuh rasanya?

Sama yang lebih muda juga gitu.. bisa jadi mereka ga sepintar kita karena lingkungannya ga mendukung. Bersyukur aja karena work ethic kita lebih bagus dan lebih mampu.. 

Mungkin mereka digaji ga sebanyak kita, mungkin tunjangan mereka ga selengkap kita, mungkin mereka ga pernah ngerasain bonus akhir tahun. Tapi masih berharap kualitas pekerjaannya sama kita? Itu kan ga masuk akal.

“Ya tapi gimana dong. Kalau ga digituin ga bakal berubah. Capek ingetinnya”

Ga usah ngerasa capek. Kalau kedudukan kita emang tinggi.. ya memang bebannya pasti lebih banyak. 

Seperti kata uncle Ben di Spiderman, “From great power comes great responsibility”  😏.

“klo gitu males banget kerja disini kalau tanggung jawab sama bebannya kayak gini”.

Kalau berpikiran gitu mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk segera resign.

Ga ada yang nodongin pisau juga kan buat kerja disini?

10. Perlakukan Karyawan Wanita dengan Baik.

Gw bukan penggemarnya emansipasi wanita. Menurut gw yang diperjuangkan oleh Kartini dan wanita wanita pejuang terdahulu adalah persamaan hak wanita dalam hal pendidikan.

Jadi wanita berhak mendapatkan pendidikan yang lebih dari laki laki dan berhak menyampaikan pendapatnya.

Kalau itu gw setuju.

Untuk hal lainnya tetap aja wanita harus diperlakukan berbeda. 

Karena gw tipe perempuan yang menikmati kebaikan masyarakat dalam hal mendahulukan perempuan atau ‘ladies first’ , gw menikmati kebaikan orang orang yang ga membiarkan perempuan membawa barang berat, gw juga menikmati area khusus perempuan baik di bus maupun di kereta. Intinya gw menikmati ketika orang memberikan privilege kepada gw sebagai perempuan.

Karena memang perempuan itu diciptakan beda. Dari ubun ubun sampai ujung kaki itu ga bisa disamakan.

Jadi gw ga terlalu suka ngeliat perempuan diforsir dengan beban yang sama dengan laki laki. Termasuk di kantor.

Gw lebih suka lingkungan yang menghargai perempuan.

Contoh gampangnya adalah cuti haid. Terkadang kalau ada karyawati mau ajuin cuti haid kan suka dinyinyirin tuh.

Karena mereka  (laki laki) itu ga ngerti rasanya.

Gw ga akan cerita panjang lebar bagaimana efek haid terhadap perempuan ya. Tapi yang jelas kalau itu terjadi sama laki laki juga pasti ga fokus kerjanya deh. Yakin. 

Lagipula itu sudah jadi aturan pemerintah kan memberikan hak cuti 2 hari sebulan untuk perempuan. Kalau dilanggar bisa digugat minimal ke Sarikat Pekerja. Jadi jangan sampai nyinyir apa lagi ga mengizinkan untuk cuti yaa. 

Contoh lain memperlakukan perempuan dengan baik adalah untuk tidak berisik kalau ada perempuan lewat.

Sumpah yang suka ngasih cuit cuitan norak itu minta banget dilempar ke mesin press. 

Termasuk kalau lagi nyeritain joke kotor pastiin audiencenya laki laki semua. Ga ada perempuannya! Risih tau dengernya! Kayak ga ada bahan joke lain aja.

.

11. Tidak perlu memberikan informasi yang tidak perlu ke orang yang tidak punya keperluan.

Ko gw jadi bingung sendiri ya sama judulnya..

Intinya sih ga perlu confront orang lain di depan banyak orang. Ga perlu jelekin performa orang lain di depan orang lewat.

Contohnya seperti yang gw ceritakan tadi di atas.. tentang orang yang confront di depan email dan cc semua orang.

Padahal bisa banget buat japri ke orangnya langsung. Ga perlu nyiptain ring tinju berikut dengan penonton penontonnya. 

Kalau orang ngasih informasi atau data yang salah.. ya jangan langsung reply cc semua orang.. kita punya teknologi namanya telepon lho.. atau whatsapp. Tinggal ngasih tau orang itu secara pribadi dan biarkan orang itu sendiri yang meralat.

Kan enak kalau kayak gitu..

Kalau gw terima email semacam itu (confront dan cc banyak orang) biasanya gw reply balik tapi cc nya gw ilangin.. malu tau debat diliatin banyak orang, sekalipun gw bener. Kayak anak kecil aja..

Hal yang sama juga berlaku di group whatsapp. 

Atau secara lisan di depan orang banyak.

Buat apa sih nyari musuh.. kalau bisa diingetin atau kalau ga setuju dengan pendapatnya kan bisa lewat jalur belakang buat berdiskusi. Kalau gitu kan hidup lebih enak, teman banyak. Ga perlu saling saling sikut.

.

12. What Happened in Office, Stay in Office.

Ketika weekend bisa jadi kita ketemu dengan orang lain yang tidak sekantor dengan kita. 

Ketika lagi barengan dengan orang lain, jangan pernah bahas pekerjaan kita kecuali kalau ditanya.

Karena akan ada banyak istilah yang orang lain ga paham dan akhirnya bikin pembicaraan jadi zong.

Contoh nya gw nih kerja di pabrik mobil. Pas di jalan  naik mobil terus tiba tiba nyeletuk,  “Ko underbodynya noise ya. Kayaknya ada problem sama differentialnya, kemungkinan ada clamp yang loose atau gata gata.”

*contoh doang. Gw juga ga paham. 😅

Yang ada orang malah nyerngitin dahi dan berpikir kita stres.

Itu sama sekali ga bikin kita terlihat pintar. Sama sekali engga.

…..
Oke then, itu 12 hal yang bisa gw sharing untuk saat ini. Kalau ada kesamaan pada tokoh dan cerita, merupakan hal yang tidak disengaja. 

Ambil positifnya aja ya, plis jangan baper.

I am also not perfect in doing all 12 numbers above. Tapi seengganya kalau udah gw tulis kan membuat gw selalu tergerak untuk menjalankan apa yang gw omongin 😁.

Happy working! 

Leave a comment