The Powerful Message Gone Wrong

ingat gambar ini?

Ini foto pada saat kejadian Terorisme di Sarinah Thamrin.

Disaat polisi berlindung dibalik mobil anti peluru, tapi warga malah berkerumun nonton tanpa perlindungan apapun.
Ngeliat gambar ini, gw jadi kebayang film The Amazing Spiderman 2, pas Spiderman berantem sama Electro. Meskipun polisi udah ngasih garis batas, orang di sekitarnya malah seru nontonin mereka lempar lemparan mobil sambil mengabadikan gambar dan video. Ternyata ini bisa juga kejadian di dunia nyata đŸ˜…

Ditambah ga jauh dari lokasi kejadian, ada pedagang kaki lima dan asongan masih sibuk dengan dagangannya. Plus banyak warga yang bisa ambil gambar ditengah adu tembak itu.
Sampai akhirnya teroris berhasil dilumpuhkan pun, seharusnya kan polisi menstresilkan lokasi kejadian supaya memudahkan investigasi.
Belum lagi kalau ada kemungkinan bom masih disimpan sama pelaku di sekitar situ, Apa pak polisi ga mikirin itu? kayaknya seharusnya mereka punya SoP sendiri deh. Biar yang namanya mengusir teroris, keselamaatan warga sipil kan tetep nomor satu.

Yah tapi gw juga ga heran heran banget sih liat warga yang pada ngeksis dan kepo di lokasi kejadian. Coba inget kelakuan warga negara kita kayak apa..

Palang kereta udah nutup masih berusaha diterobos.

Naik angkutan umum gelantungan di pinggir pintu.

Naik pesawat yang izin safetynya dipertanyakan.

Oh yes, this country indeed has no fear. đŸ˜°

 

Memang orang Indonesia yang punya karakteristik seperti ini. Ga peduli aturan, semuanya bisa dihajar hanya karena “yang penting murah” , “yang penting cepet sampe” , “yang penting dapet tontonan menarik”.

KamiTidakTakut iya..KamiBerani
Tapi ga gitu juga kali.

Berani itu ya ketika kita maju saat kita tau resikonya apa, kita tau gimana cara menghindarinya, dan kita udah punya persiapan untuk segala kemungkinan yang terjadi, kita tetep maju.. That is brave.

But if you go without any preparation, tau konsekuensinya tapi gatau cara nanganinnya, you still step forward anyway… I am sorry, that’s not brave.. that’s just stupid.
Pokoknya banyak yang janggal lah di kejadian kemarin.

However, terima kasih pak pol sudah memberantas mereka semua.

Tulisan ini di post tanpa mengurangi rasa duka cita untuk keluarga korban.

Leave a comment