Movie Review: Stay (2)

Halohaa.. 

Oke kita bahas lagi film Stay setelah ada intermezzo iklan di bawah tulisan ini.
Jadi seperti yang gw bilang kalau di film ini ada banyak clue yang bisa digali.

And I am gonna reveal that.

Berdasarkan analisa gw, hal yang terjadi di film ini semuanya tidaklah nyata. Itu hanya terjadi di pikiran Henry ketika dia sekarat. Satu satunya yang nyata adalah: Henry mengendarai mobil dengan pacar dan kedua orang tuanya. Lalu ban mobil pecah dan menimbulkan kecelakaan maut. Selain Henry, yang lainnya sudah meninggal di tempat.

Kedua orang yang dilihat konstan oleh Henry pada saat sekarat adalah Sam dan Lila, di bayangan Henry mereka adalah sepasang kekasih, dan Henry menjadikan mereka berdua sebagai representasi diriinya di dunia nyata.

1. SAM

Dipikiran Henry, Sam adalah dokter yang menjadi terapisnya. Bisa dikatakan Sam adalah cerminan dari Henry yang tidak menginginkan untuk mati. Seperti yang kita tahu bahwa Henry merencanakan bunuh diri dan berkali kali mendatangi Sam di mimpinya. Dia percaya bahwa ada sebagian di dalam dirinya yang bisa menolong dan menyemangati untuk tetap bertahan. Dan sosok itu dicerminkan lewat Sam.

2. LILA

Lila adalah cerminan dari sisi lemah Henry. Henry dan Lila di dunia mimpi sama seorang pelukis dan tidak percaya diri dengan kemampuannya. Di dunia nyata, Henry merupakan anak yang sulit bergaul, kutu buku, dan aneh (seperti penjelasannya Athena di film ini), dan Henry bisa jadi harus mengkonsumsi obat setiap hari untuk mengkontrol pikirannya. Sama dengan Lila, di dunia nyata Henry juga berhenti meminum obat. Karena obat membuatnya tidak bisa melukis.

Di penghujung film, Lila sadar bahwa semua lukisannya adalah lukisan Henry, dan bergegas pergi menyusul Sam. Itu menandakan bahwa Henry sadar bahwa hidupnya tidak boleh berakhir. Dia berhasil membangkitkan sisi lemah yang ada pada Lila. Namun sayangnya, Lila menghadapi jalan buntu di ujung tangga. Disitulah meskipun Henry mau hidup, dia sudah tidak tertolong.

3. HENRY

Henry merupakan objek utama di dalam mimpinya sendiri. Campuran dari frustasi dan penyesalan karena menyebabkan kecelakaan itu. Padahal kecelakaan disebabkan oleh ban pecah, tapi kenapa Henry menyalahkan dirinya sendiri? Karena dia sudah berhenti mengkonsumsi pil nya! Semua pil anjuran dari dokter adalah untuk menenangkan pikiran. Karena Henry tidak mengkonsumsi lagi, dia menanggung perasaan over guilty atas kecelakaan yang dialaminya.

Adegan ketika Henry di dalam kereta dan ditegur karena merokok. Sebenarnya adalah pikiran Henry tentang apa yang dipikirkan orang disekitarnya: “Blaming” . Dia berpikir kalau semua orang menggangapnya salah dan tidak pantas untuk hidup.

Adapun luka luka karena sundutan rokok, juga luka karena digigit anjing.. itu adalah cerminan kondisi Henry yang penuh luka setelah kecelakaan.

4. AYAH HENRY (LEON)

Ini adalah satu satunya tokoh yang penuh terkaan. Dan kalau pun di analisa sepertinya agak kurang buktinya di film itu.

Kemungkinan ayah Henry selama ini tidak melihat diri Henry sebagai orang yang sukses. Ini hal klasik di film barat,  biasanya orang tua ingin pekerjaan anaknya lebih settle daripada  hanya sekedar menjadi pelukis. 

Di cerita ini Henry meminta ayahnya untuk melihat dirinya sebagai Henry yang sebenarnya, dan akhirnya ayahnya bisa melihat sosok anaknya untuk pertama kalinya. Sama dengan yang diinginkan Henry.

Ketika Leon bercerita tentang anak kecil yang terbakar, sebenarnya adalah analogi Henry yang sangat menginginkan ayahnya bangun dari kecelakaan dan menyaksikan dirinya sukses.

5. IBU HENRY

Tidak banyak hal penting yang bisa dijelaskan tentang ibu Henry.  Jadi kita skip aja..

6. ATHENA

Semua yang ada di mimpi Henry adalah imajinasinya terhadap apa yang dia pikirkan. Kalau kita mimpi biasanya kita mensutradarai mimpi kita sendiri..semua berjalan sesuai dengan pikiran kita di alam bawah sadar. Di mimpi Athena tidak mengakui sebagai pacar Henry, dan dia menganggap Henry adalah anak yang aneh.

Henry di dunia nyata, tidak percaya diri dengan kondisinya. Athena adalah satu satunya orang yang baik dengannya, begitu yang dia ceritakan pada Sam. Jadi di tengah sekarat dia sangat takut kehilangan Athena.. dan berpikir setelah ini Athena tidak akan bersama dia lagi. Karena menurut dia apa yang dia punya dengan Athena adalah sesuatu yang terjadi once a life time, dan tidak akan terjadi lagi. Jika nanti ada dunia kedua, Athena tidak akan memilih dia lagi.  Makanya dia menyaksikan Athena berdansa dengan orang lain dan tidak mengakui Henry sebagai pacarnya.

Demikian plot cerita dan yang ada di dalam pikiran Henry.

Nah beeikutnya gw akan menjelakan, clue clue lain yang meyakinkan bahwa semua itu hanya ada dalam mimpi Henry 

PERHATIKAN SETTINGNYA.

Kita bisa melihat perpindahan setting yang agak aneh. Seperti perpindahan yang cepat dari satu tempat ke tempat lain. Contohnya Sam yang tadinya ada di office dalam sekejab ada di halaman kantor duduk bersama Lila. Lalu Sam yang dengan ajaibnya ada di lantai satu ketika dia baru memperhatikan Henry dari lantai dua ketika Henry sedang kuliah.

Lalu yang aneh adalah dari lokasi kuliah tiba tiba ada aquarium yang isinya ikan duyung. Semua itu tidak masuk akal kecuali terjadi di alam mimpi Henry. Kalau kita mimpi kita tidak pernah sadar kenapa kita ada di tempat itu. Tau tau kita sudah di sana. Sama dengan ini. 

Aquarium as Representative of Henry’s Childhood

Kita juga melihat hampir semua dekorasi nya mengikuti dekoraso klasik Brooklyn Bridge. Yang paling terlihat adalah lokasi rumah sakit yang janggal. Tidak seperti rumah sakit. Itu adalah lokasi terakhir yang dilihat Henry ketika dia kecelakaan.

What kind of Hospital It Is?

Sementara  beberapa adegan di apartment Sam dan Lila,  kita melihat apartment mereka ada di nomor 21. Lalu di adegan lain ketika Sam dan Henry berdebat di luar kamar apartment dan turun ke bawah beberapa lantai. Kita melihat mereka berdebat di depan kamar 21 (lagi). 

Angka 21 di akhir film diketahui sebagai nomor ambulance yang membawa Henry.

Kita juga melihat beberapa adegan yang diulang ulang. Seperti saat Sam masuk ke apartment dan memeluk Lila. Itu bukan kesalahan editan film. Itu adalah kondisi Henry yang bersusah payah untuk tetap sadar ketika sekarat.

PERHATIKAN ORANG ORANGNYA. 

Kita lihat ada banyak double di film ini. Kakek kakek yang memarahi Henry di atas kereta sama dengan penjaga perpustakaan yang ditemui Sam.  Perempuan pasien rumah sakit jiwa yang ditemui Sam sama dengan penjaga cafe yang mengarahkan Sam pada Athena. 

Dan semua tokoh yang muncul di mimpi adalah semua yang menyaksikan Henry sekarat di atas jembatan.

Pada saat adegan Henry berbicara dengan Sam dan semua orang keluar dari kelas kita bisa lihat bahwa ada banyak orang dengan muka, gaya rambut, dan baju yang sama di sekitarnya. Itu berlanjut sampai mereka berjalan di lorong dan tangga. Karena di alam mimpi, pikiran Henry terbatas dan hanya bisa menciptakan sedikit karakter di dalam mimpinya.

Kejanggalan lain adalah celana Sam yang selalu pendek. Dari awal pertama gw nonton gw udah heran kenapa dia pakai celana cingkrang ya. Ternyata ..  bukan dia bukan remaja masjid 😂. Itu terjadi ketika Henry sekarat dan Sam berlutut di sampingnya mencoba menolong. Kalau orang berlutut otomatis celananya akan terangkat dan jadilah cingkrang di sepanjang mimpi.

Celana Cingkrang

PERHATIKAN KALIMAT NYA.

Clue terakhir adalah kalimat kalimat random yang ada di dalam film. Itu adalah suara suara yang Henry dengar ketika dia sedang dikerumuni oleh banyak orang.

Kita tau Beth di mimpi adalah mantan terapis dari Henry. Di dunia nyata, Beth adalah orang  yang pertama kali menemukan Henry tergeletak. Kita dengar ucapan Beth di dunia nyata dan dunia mimpi, “I didn’t touch him. I know you’re not supposed to move him”. 

Dan juga ada banyak suara seperti suara bayi dan juga suara orang orang di kerumunan. Kakek kakek , ibu berkulit hitam, juga ibu dan anak kecilnya

Termasuk suara Sam, “Stay with me Henry. Stay with me.”

Henry juga salah mengira bahwa akan ada hujan es. Tapi sebenarnya itu bukan hujan es, melainkan lampu lampu di Brooklyn Bridge.
….

Nah seperti itu lah kira kira analisanya. Setelah gw mengkonfirm review di beberapa blog orang lain. Kira kira semuanya serupa dengan apa yang gw pikirkan.

Menurut gw ini adalah satu dari film film yang berkualitas, cerdas, dan anti mainstream.

I cant wait to watch another movie like this 😃. 

Leave a comment